Bagaimana pengobatan aromaterapi bekerja dan membantu kesembuhan Anda?

Pemanfaatan aromaterapi telah dimulai ribuan tahun yang lalu, dan mengalami perkembangan yang sangat pesat sampai sekarang. Berbagai penelitian mendalam dilakukan terkait manfaat aromaterapi bagi kesehatan tubuh dan pikiran manusia. Sekarang, hasil dari berbagai penelitian itu bisa segera Anda manfaatkan.

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja aromaterapi sehingga bisa bermanfaat untuk pengobatan, mari kita memulainya dengan mencermati sebuah bagan yang membuat Anda lebih mudah memahami alur reaksi dan apa saja system yang ikut berpengaruh di dalamnya. Cermatilah bagan berikut:

Alur Reaksi Pengobatan Aromaterapi

Essensial oil atau yang biasa disebut dengan aromaterapi murni bisa Anda manfaatkan dengan cara oles, hirup maupun telan. Dari ketiga cara aplikasi tersebut, maka dapat diperoleh berbagai macam cara aplikasi pengobatan aromaterapi seperti pijat, spa, semprot, kapsul dan lain sebagainya.

Mari kita bahas satu persatu cara aplikasi tersebut.

HIRUP (Psikologis & Fisik)

Saat minyak esensial dihirup melalui hidung, molekul aromatik masuk melalui selaput rongga hidung kemudian sampai pada bagian olfactory. Olfactory merupakan Saraf yang membawa impuls untuk indera penciuman dari hidung ke pusat control otak. Olfactory terletak di bagian dalam sebelah atas hidung kita. Untuk melihat lebih jelas, mari kita lihat ilustrasi gambar berikut:

efek aromaterapi hirup

Dalam praktiknya, aplikasi pengobatan aromaterapi dengan cara hirup lebih banyak digunakan untuk mengatasi keluhan yang bersifat psikologis semisal cemas, susah focus, ADHD, depresi dan lain sebagainya. Meski sebenarnya reaksi ini mampu berpengaruh dalam rangka pengobatan keluhan yang bersifat fisik, namun reaksinya masih kalah signifikan jika dibandingkan dengan penggunaannya untuk mengatasi keluhan yang bersifat psikologis. Jika Anda mengalami keluhan psikologis, maka resep yang akan diberikan kemungkinan besar adalah aplikasi hirup.

Perlu Anda mengerti bahwa otak manusia bukanlah organ yang memegang peran penghibur dalam tubuh manusia. Otak memiliki fungsi inti, yaitu mengontrol keseluruhan system yang bekerja dalam tubuh kita. Otak adalah pusat memori, pusat berpikir, emosi, pusat control kelenjar , hormone, system syaraf da lain sebagainya. Tidak satu ilmuan pun yang memungkiri fakta bahwa otak memiliki peran yang sangat vfital dalam kelangsungan hidup manusia.  

 

Setelah impuls di sampaikan ke otak, maka reaksi kompleks pun dimulai. Keseluruhan bagian otak ikut andil dalam reaksi ini, tak terkecuali system limbic. Setelah keseluruhan impuls diterjemahkan, maka segera dilakukan respon baik secara hormonal (endrokrin) maupun persyarafan (syaraf). Kemudian reaksi penyembuhan pun terjadi dan dapat segera Anda rasakan.

Lebih dalam lagi, system limbic merupakan satu set struktur otak termasuk hipokampus, amigdala, nukleus thalamic anterior, septum, korteks limbik dan forniks. Sistem limbik terletak di bagian tengah otak, membungkus batang otak sehingga dibedakan dari pemetaan bagian otak secara eksternal. System limbic lebhi bertanggung jawab pada berbagai fungsi psikologis otak termasuk emosi, perilaku, memori jangka panjang dan lain sebagainya.

Darisilah maka bisa dikatakan bahwa dalam aplikasi aromaterapi secara hirup, Anda memperoleh 2 efek penyembuhan sekaligus, yaitu penyembuhan secara psikis melalui system limbic dan penyembuhan keluhan fisik melalui endokrin dan system syaraf. Namun, seperti di awal pembahasan tadi, yang lebih berperan dalam apikasi hirup adalah system limbic. Sehingga untuk mengatasi keluhan yang bersifat psikologis lebih cocok dengan aplikasi secara hirup.

Supaya lebih mudah untuk dipahami, berikut adalah bagian-bagian otak yang meliputi pembagian secara eksternal dan internal (system limbic):

bagaimana aromaterapi berpengaruh terhadap tubuh & pikiran

Nah, selain system limbic, sistem lain yang bereaksi adalah system endokrin dan sistem syaraf. Sistem endokrin adalah kekuatan regulasi utama dalam tubuh. Ini terdiri dari kelenjar yang mengeluarkan hormon ke dalam aliran darah, hormon ini bertindak sebagai mediator kimia untuk mengatur banyak fungsi tubuh termasuk suasana hati, metabolism serta pertumbuhan dan perkembangan. Kedua system ini berkaitan sangat erat untuk mengatur keseluruhan reaksi yang terjadi dalam tubuh kita.

Kesimpulan kecil: Reaksi pengobatan aromaterapi dimulai dari rongga hidung, kemudian syaraf di bagian atas sebelah dalam hidung mengantarkan impuls yang ditimbulkan dari armaterapi ke pusat otak. Darisinilah eraksi pengobatan dimulai secara spesifik dengan berbagai reaksi yang diberikan oleh orak.  Dalam hal ini, aplikasi aromaterapi secara hirup lebih memiliki pengaruh pada kondisi psikis dan pikiran manusia.

Oles dan Minum (Fisik & Psikologi)

Aplikasi pengobatan aromaterapi oles dan telan sesungguhnya mempunyai inti skema reaksi yang sama, yaitu melakukan pengobatan dan perbaikan melalui system sirkulasi darah. Reaksi ini lebih mendukung untuk pengobatan penyakit atau keluhan yang bersifat fisik semisal jerawat, stroke, hipertensi, maag dan lain sebagainya.

reaksi aromaterapi oles

Ketika Anda mengoleskan aromaterapi di atas permukaan kulit, aromaterapi secara aktif menembus lapisan kulit melalui folikel rambut dan kelenjar keringat kemudian diserap ke dalam cairan tubuh (darah dan limfa), di mana mereka tidak hanya membantu untuk membunuh bakteri dan virus, tetapi juga merangsang sistem kekebalan tubuh, sehingga memperkuat ketahanan terhadap serangan penyakit lebih lanjut atau kekambuhan suatu penyakit.

Beberapa aromaterapi juga memiliki fungsi untuk melancarkan system sirkulasi dan membantu penghapusan efisien racun. Atas dasar reaksi ini maka pengobatan aromaterapi bisa digunakan pada pasien diabetes, stroke dan kolesterol berlebih.

Fungsi lain dari aromaterapi dalam tubuh adalah mempercepat terjadinya pertumbuhan sel baru dan mendorong kemampuan alami tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Perlu anda ketahui, setiap aromaterapi memiliki karakter dan kekhasan aromat tersendiri yang menunjukkan berbagai jumlah khasiat dan manfaat yang unik untuk dirinya sendiri.

Perlu Anda tahu bahwa masing-masing cara penggunaan aromaterapi mempunyai tempat dan porsi tersendiri. Bisa jadi, pada suatu keluhan penyakit tertentu akan lebih efektif jika digunakan system hirup daripada system oles dan telan. Dan mungkin juga sebaliknya dalam suatu kondisi tertentu. Namun Anda tidak perlu khawatir, pada semua produk pengobatan aromaterapi sudah disertakan resep khususu dan saran-saran tertentu hingga Anda pun bisa melakukan pengobatan secara mudah dengan hasil yang lebih maksimal.

Aromaterapi sudah terbukti unggul sebagai bentuk pengobatan komplementer dan alternative untuk membantu jutaan orang  untuk sembuh dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Fakta ini tidak bisa diragukan lagi. Namun begitu, ada satu hal lagi yang kita pasti setujui, yaitu langkah pencegahan benar-benar jauh lebih baik dari pada pengobatan.  

Kesimpulan kecil: Reaksi pengobatan aromaterapi dimulai dari permukaan kulit lalu masuk dan ikut mengalir dalam pembuluh darah menuju pusat penyakit untuk melakukan perbaikan dan penyeimbangan. Disertai dengan penguatan system imun tubuh dan percepatan regenerasi sel, maka penyembuhan pun berlangsung cepat dan menjauhkan dari serangan penyakit yang sama.

Penting untuk Anda. Catat alamat website www.pengobatanaromaterapi.com maupun kontak customer care kami : 082221331601 dalam hanphone supaya Anda bisa berkunjung dan berkonsultasi lain waktu. Anda juga bisa infokan pengobatan aromaterapi ini pada orang-orang yang membutuhkan pengobatan secara alami atau pada mereka yang memerlukan informasi lebih mengenai aromaterapi. 

  

Konsultasikan Keluhan Anda

No Hp       : 082221331601
Whatsapp : 082221331601
Pin BB       : 55DFC730
YM            :
Email        : pengobatanaromaterapi@gmail.com 
 Fb            : @Aromaterapi

Pengobatan Aromaterapi

Pengobatan aromaterapi adalah sebuah metode pengobatan yang memanfaatkan aroma dari ekstrak tumbuhan khusus yang telah disesuaikan melalui proses penelitian guna mencegah dan mengobati berbagai gangguan fisik maupun psikis.
Baca Selengkapnya >>